Pengertian Captcha

Apa sih Captcha? Itu adalah nama dari teknologi untuk menghalangi spam yang biasa di”bom” oleh spammer dengan menggunakan program. Captcha adalah singkatan dari Completely Automated Public Turing Test To Tell Computers and Humans Apart, atau kalau diterjemahkan secara bebas jadi Tes Turing Publik Sepenuhnya Otomatis untuk Membedakan Komputer dan Manusia. Jadi, kalau ada komen-komen di blog yang dikirim dengan program, Captcha bisa membedakannya. Bagaimana cara membedakan manusia dengan komputer?
Ya ada banyak caranya. Cara yang paling umum adalah kita secara manual memasukkan angka/ huruf yang ada dalam gambar yang tersedia. Sampai saat ini belum ada program yang bisa melakukan cara ini. OCR? OCR sih cuman bisa menebak angka/ huruf yang teratur. Makanya, gambar dalam Captcha biasanya sudah mengalami distorsi sehingga hanya manusia yang bisa membacanya.
Cara lain adalah dengan menggunakan suara. Misalkan kita mengetik ke kotak teks yang tersedia dengan kata yang diperdengarkan. Cara ini mungkin kurang efektif karena client harus memiliki kartu suara untuk bisa mendengar suara. Memang sih, hari gini masak ada komputer yang gak pakai kartu suara? Tapi, untuk website yang mau punya jangkauan audiens yang luas, harusnya memikirkan penggunaan gambar.
Untuk lengkapnya mengenai Captcha bisa dibaca lebih lanjut di http://www.captcha.net/.

2 komentar:

Dinkz23 mengatakan...

Nice gan! Coba aja CAPTCHA video diterapin di semua website ya gan? hehe

blogwalking~
http://ghadinkz23.blogspot.com

Anapih Abdullah mengatakan...

gan,,mohon izin copy materi Captcha..
buat memenuhi tugas dari dosen saya...

Posting Komentar