Pengertian dan Sejarah Twitter

Wooow, balik lagi seputar lingkup konsep Jejaring Sosial. Kali ini kita akan menguak sedikit rahasia dari twitter. Udah pada punya blum...? Mudah-mudahan bagi yang belum punya, setelah baca artikel ini, jadi pengen follow aku....hehehehe....(just kiddin'). Sorry, kita kembali ke topik.

Twitter adalah sebuah situs mikroblog dan situs web jejaring sosial yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan "pembaharuan" berupa tulisan teks dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS, pengirim pesan instan, surat elektronik, atau aplikasi. Twitter didirikan pada Maret 2006 oleh perusahaan rintisan Obvious Corp. Kata twitter secara harfiah berarti 'berkicau'. Situs ini mempunyai konsep blog mikro dalam penggunaannya.

Mikroblog adalah suatu bentuk blog yang memungkinkan penggunanya untuk menulis teks pembaharuan singkat yang biasanya kurang dari 200 karakter dan mempublikasikannya, baik untuk dilihat semua orang atau kelompok terbatas yang dipilih oleh pengguna tersebut. Pesan-pesan ini dapat dikirim melalui berbagai cara yaitu melalui SMS (Short Message Service), pesan instan, surat elektronik, digital audio atau web. Yang membedakan mikroblog dengan blog lainnya adalah mikroblog memiliki ukuran yang lebih kecil dari ukuran blog sebenarnya. Akan tetapi tujuannya tetap sama yaitu pengguna menulis topik tertentu. Pengguna mikroblog juga dapat memberikan komentar kepada teks pembaharuan yang dibuat oleh pengguna lain dan begitu juga sebaliknya. Layanan ini dapat diunduh secara gratis. 

Tidak ada kriteria-kriteria khusus untuk menggunakan layanan ini, semua orang di seluruh dunia dapat melakukan aktivitas menulis teks pembaharuan singkat dengan fasilitas yang diberikan oleh mikroblog. Mikroblog telah mengalami perkembangan dan menyediakan banyak fasilitas yang bisa pengguna manfaatkan. Layanan ini memiliki banyak macam berikut kelebihan dan kekurangan yang bisa dijadikan pilihan bagi pengguna.

Kesuksesan Twitter membuat banyak situs lain meniru konsepnya, kadang menawarkan layanan spesifik lokal suatu negara atau menggabungkan dengan layanan lainnya, tidak terkecuali blogger sendiri. Suatu sumber bahkan menyebutkan bahwa paling tidak ada 111 situs web yang memiliki layanan mirip dengan Twitter.

Saat ini Twitter belum secara resmi mendukung bahasa Indonesia di layanan situsnya, walaupun jumlah pengguna Twitter berbahasa Indonesia cukup banyak. Sangat disayangkan ya, padahal proses polling tercepat untuk berita-berita panas yang berkembang di seluruh Dunia bisa kita lihat dari twitter. Buktinya, kasus Nazril Irham (Ariel), Luna Maya dan Cut Tari aja sampe hebbboooohhhh di twitter.

Untuk peringkat pemakai di dunia saat ini sayangnya twitter menduduki posisi ke-11 setelah Tencent, MSN, Blogger, Wikipedia dan Baidu pada peringkat 6 (diurutkan mundur). Naaaah, untuk negara-negara yang aktif dalam menggunakan twitter diduduki oleh South Africa pada saat ini. Mungkin ada piala dunia tu ya....kan orang-orang di seluruh dunia lagi nongkrongin jagoannya disana. Lalu disusul oleh USA, Philipina, India dan UK.
Hmmmm....knapa ya Indonesia ga masuk nominasi peringkat 5 besar usernya...?
Oya, untuk data-data yang aku peroleh di atas, tetep diambil dari Mbak Alexa lhow....hehehehe....

2 komentar:

Unknown mengatakan...

mohon tulisan nya di besarin. makasih

Unknown mengatakan...

Sangat informatif sekali, saya pribadi melihat sejarah facebook sebagai motivasi bagi diri untuk bisa sukses seperti kedua pendirinya. Mencoba memanfaatkan situs media sosial buatan Mark Zuckerberg untuk jualan jasa like dan jasa lainnya yang sekiranya bisa mendatangkan uang.

Posting Komentar